Beranda > IT > Perbandingan Prosesor INTEL DAN AMD

Perbandingan Prosesor INTEL DAN AMD


Intel Corporation

adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di AS dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.

Intel mengganti logo dan slogannya pada 1 Januari 2006. Slogan lamanya “Intel inside” diganti dengan “Intel Leap ahead”.

Beberapa produk prosesor Intel yang ada sampai sekarang ini yaitu :

1. Intel® Pentium® 4                        2. Intel® Pentium® Dual-Core


3. Intel® Core™2 Duo                       4. Intel® Core™2 Quad

5. Intel® Core™2 Extrme               6. Intel® Core™ i7


AMD (Advanced Micro Devices)

adalah sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, prosesor atau IC (integrated circuit) yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika.
Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Bila semuanya berjalan lancar, mimpi harga sistim PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel. Pada tahun 2006 juga, AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology.
Perusahaan ini adalah penyedia prosesor x86-compatible processors terbesar kedua. AMD juga sudah dikenal oleh dunia, beberapa produknya yaitu :

1. AMD Sempron™                             2. AMD Athlon™ FX

3. AMD Athlon™ 64                          4. AMD Athlon™ X2

5. AMD Athlon™ X3                         6. AMD Athlon™ X4

PERBEDAAN, KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN PROSESOR INTEL DAN PROSESOR AMD
Beberapa perbedaan, keunggulan dan kekurangan prosesor Intel dan AMD :

1. Set instruksi pada Intel adalah MMX, SSE,SSE2, dan SSE3, tetapi pada AMD SSE2 dan 3DNow. Tetapi dari sekian banyak istruksi yang dipakai oleh intel sebetulnya telah ada dalam 3DNow-nya AMD yang tidak dimiliki oleh Intel.

2. L1 pada Intel maksimal 32K, sedang pada AMD adalah 128K. Bedasarkan beberapa test AMD dengan L1 128K lebih unggul dibanding dengan Intel.

3. Banyak transistor pada Intel 100 milyar sedang AMD 105 milyar.

4. Banyaknya Decoder, Integer, FP pada intel lebih sedikit dibanding AMD yang secara signifikan perbedaan tersebut meningkatan kinerja dari AMD.

5. Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas), pada AMD64 temperatur maksimum adalah 900C. Teknologi Intel lebih unggul dibanding AMD.

6. AMD lebih unggul dalam pengolahan komunikasi aplikasi, seperti transfer data pada modem, ADSL, MP3, dan Doubly Digital Suround Sound.

7. Pipeline pada intel lebih panjang dibanding dengan AMD, tetapi pipeline Intel bermasalah pada pertukaran tugas, sehingga pipeline intel kecepatannya melambat berada dibawah AMD.

8. Intel menang di brand image dan marketnya, sedangkan AMD harganya yang lebih murah.

9. Pada prosesor Intel Pentium 4 harga standard, kinerjanya lumanyan cepat. Memang sih, untuk urusan grafis masshi kalah dibanding dengan AMD, tapi paling tidak prosesor Intel tidak cepat panas.

10. Pada prosesor AMD Athlon harga agak murah dibanding Intel. Grafis bagus banget, kecepatannya lumayan, tapi cepet banget panas dibandingkan Intel.

PERBANDINGAN KECEPATAN PROSESOR INTEL DAN AMD
Dari segi penggunaanya, perangkat keras yaitu prosesor ini bagian penting dari komputer yang berfungsi sebagai inti dari kinerja komputer ini sendiri dimana semakin besar memori dan semakin banyak prosesornya semakin cepat juga kinerja yang di hasilkan oleh prosesor itu sendiri.

Prosesor yang cepat dapat kita lihat dari core (inti prosesor) semakin banyak core yang digunkan pada prosesor semakin cepat juga kinerja komputer yang kita gunakan. Mengapa demikian, karena prosesor bekerja didalam aplikasi-aplikasi program atau game yang kita pakai semakin banyak aplikasi yang kita jalankan semakin banyak juga prosesor kita gunakan.

Kesimpulan sebagai berikut :
1. Untuk menggunakan prosesor Intel anda harus mengeluarkan banyak biaya apalagi dengan performanya tinggi yang di hasilkan oleh prosesor Intel yaitu Intel i7 dimandingkan dengan prosesor AMD anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya dan performanya juga lumanyan bagus. Oleh karena itu utuk anda yang biayanya pas-pasan pilihlah prosesor AMD tapi kalau biaya yang anda punya lebih silahkan anda memilih prosesor Intel.

2. Prosesor Intel dan Prosesor AMD telah di uji performannya ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun sedangkan prosesor AMD hanyalah pilihan kedua anda.

3. Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia, sebaliknya prosesor AMD menang dari prosesor Intel di gaming dan program 3D nya.

Saran
Adapun saran yang dapat di berikan bagi anda yang belum mengetahui banyak lebih luas tentang prosesor :

Perlunya anda ketahui bahwa bagi yang belum mengetaui tentang prosesor intel dan prosesor amd setiap tahunnya, dua prosesor akan selalu bersaing untuk menciptakan prosesor yang tercepat di dunia. Maka dari itu untuk semua mengetahui itu anda haruslah sering baca berita yang ada di internet atau majalah yang berhubungan dengan komputer.

About these ads
Kategori:IT Tag:
  1. teebee
    7 Mei 2010 pukul 10:31 pm

    mau tanya gan klo buat editing video pake prosesor apa ya yang bagus,.

    saat ini ane pake amd athlon 7750 dual core,..ane ngerasa blm puas gan,..sering error

    • 10 Mei 2010 pukul 7:15 am

      klo procesor saya sich …. lebih senang pake intel ….. he he udah pernah nyoba core i3 wuih mak nyus …… ! okey anda pengguna amd dr pengalaman saya amd procesor, yang kerja panas yach …… ! ada tmn design yg make jg fanatik ……. tapi klo amd perawatan nya musti extra, terutama pada fan procesor, hrs sering di perhatikan rpm-nya jng sampai drop, hrs sering di bersihkan dr debu ….. he he ….. nich amd agak manja.

      amd anda sering error, …… ! gunakan power supply yang dayanya tinggi (500 Watt), coba bersihkan dulu slot memori, & pin pada memori, klo perlu di upgrade memori-nya atau pake PCI-Express untuk graphic cardnya, supaya lebih optimal …….

    • 7 Juli 2010 pukul 3:57 am

      Bisakah anda menyebutkan “error” yang anda maksud, karena banyak hal penyebab “error” yang anda katakan bila berbicara tentang komputer.

      Terima kasih

      • 13 Juli 2010 pukul 4:06 am

        maaf br bls, baik kita berbicara komputer secara umum; betul yg anda sampaikan, bnyk hal penyebab “error” pada komputer
        secara umum bisa di bedakan dua penyebab “error” komputer (unit CPU) :

        1. Bisa kita lihat dr hardware ; power supply daya drop, kotor fan & headsing processor, kotor pd slot memori, vga card pecah, hd bad sector, dll

        2. Bisa kita lihat dr software ; windows error di sebabkan karena virus, terlambat update virus & scan tdk ter-scedule, jarang scandisk & defragment, dll

        sedikit yg bisa kami berbagi, jika ada kekurangan mohon di input …. ^_^ semoga bermanfaat

  2. 13 Juni 2010 pukul 8:11 am

    Untuk masalah prosesor intel emang tiada duanya. Kemampuannay mantap dan oke punya. Apalagi core i7 yang performnanya sudah luar biasa dilengkapi dengan teknologi turbo bost yang dapat membuat prosesor dapat meningkatkan kinerjanya ketika dibutuhkan(dapat melakukan over clocking otomatis). NAmun harga prosesor ini masih sangat mahal. Untuk yang budget minim bisa memilih core i3 karena prosesor ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau dengan performa yang tidak mengecewakan. Pada prosesor ini terdapat teknologi Hyper threading dan lebbih hemat daya karena menggunakan teknologi 32 nm.

    • 14 Juni 2010 pukul 5:27 am

      betul sekali emang di pasar ACER Aspire 4740 menggunakan core i3 …….yaa cukup lah !
      klo ACER Aspire 5942G Core i7 masih mhl, bisa jual motor tuch ….. he he

  3. LARAS HASTA RATIH
    4 Agustus 2010 pukul 1:05 pm

    klo procesor mnurut sya sich…lbih snang pke INTEL dari pda AMD,klo pke INTEL itu lbih cpat tdk eror untk dgunakanya,klo pke AMD sring eror…?hrus menggunakan power supply yang daya tinggi (500 watt) cba brsihkan dulu slot memori,&PIN PDA MEMORI,klo perlu diupgrade memorinya atau pke PCI-Express graphic cardnya,supaya lebih optimal…

    • LARAS HASTA RATIH
      4 Agustus 2010 pukul 1:06 pm

      LARAS HASTA RATIH :

      klo procesor mnurut sya sich…lbih snang pke INTEL dari pda AMD,klo pke INTEL itu lbih cpat tdk eror untk dgunakanya,klo pke AMD sring eror…?hrus menggunakan power supply yang daya tinggi (500 watt) cba brsihkan dulu slot memori,&PIN PDA MEMORI,klo perlu diupgrade memorinya atau pke PCI-Express graphic cardnya,supaya lebih optimal…

  4. LARAS HASTA RATIH
    4 Agustus 2010 pukul 1:10 pm

    asmira amri :

    Untuk masalah prosesor intel emang tiada duanya. Kemampuannay mantap dan oke punya. Apalagi core i7 yang performnanya sudah luar biasa dilengkapi dengan teknologi turbo bost yang dapat membuat prosesor dapat meningkatkan kinerjanya ketika dibutuhkan(dapat melakukan over clocking otomatis). NAmun harga prosesor ini masih sangat mahal. Untuk yang budget minim bisa memilih core i3 karena prosesor ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau dengan performa yang tidak mengecewakan. Pada prosesor ini terdapat teknologi Hyper threading dan lebbih hemat daya karena menggunakan teknologi 32 nm.

  5. LARAS HASTA RATIH
    4 Agustus 2010 pukul 1:12 pm

    LARAS HASTA RATIH :

    laras hasta ratih :
    Untuk masalah prosesor intel emang tiada duanya. Kemampuannay mantap dan oke punya. Apalagi core i7 yang performnanya sudah luar biasa dilengkapi dengan teknologi turbo bost yang dapat membuat prosesor dapat meningkatkan kinerjanya ketika dibutuhkan(dapat melakukan over clocking otomatis). NAmun harga prosesor ini masih sangat mahal. Untuk yang budget minim bisa memilih core i3 karena prosesor ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau dengan performa yang tidak mengecewakan. Pada prosesor ini terdapat teknologi Hyper threading dan lebbih hemat daya karena menggunakan teknologi 32 nm.

  6. 29 Desember 2010 pukul 10:49 am

    terimakasih…

    izin mengutip artikel ya mas..
    buat tugas :)

    • 12 Januari 2011 pukul 3:38 am

      monggo di persilahkan ……

  7. ook
    23 Februari 2011 pukul 6:35 am

    Sapa bilang sekarang AMD panas n error?
    Baca2 lagi donk review2 yg uptodate, sekalian perbandingan harganya!
    TQ

    • 17 Maret 2011 pukul 3:09 am

      memang di prosessor tdk begitu panas dr buatan yg sebelumnya, tetapi berdasarkan pengalaman saya, chipset nya yg panas. dan ini terjadi pada laptop 2x yg sekarang AMD Athlon™ 64 X2, sehingga terjadi kerusakan pada super I/O, yg sering terjadi dg ciri 2x : dvd rw tdk detect, usb tdk bisa, 1 slot memori tdk bisa, vga bergambar pecah dan sering hang

  8. aiko...
    9 Maret 2011 pukul 8:13 am

    dari pengalaman ane, ne pake amd 64 gan, ram 1 gb, vga pake chipsetnya nvidia 256 mb,…makwusss…ma intel dualcore..cuma disenggol aja keok tu intel….masalahnya ane jg punya dualcore gan,pake g31,ram jg 1gb, pake nvidia 512 lg..tp mending pke amd tu……lebih cepet…..
    ni pengalaman ane lo gan…maap kalo ada yang tersungging……hahaha

    • 17 Maret 2011 pukul 3:18 am

      jangan lupa sebuah product ada kelebihan & kekurangan, saran saya kita hrs mensifati kekurangan dan kelebihan tersebut, sehingga kita lebih tahu perawatan laptop tersebut. dan menjaga terhadap lama penggunaan dari laptop tersebut. kalau perlu pakai cool pad untuk membantu sirkulasi udara panas pada laptop, okey semoga bermanfaat ….. ^_^

  9. 19 Maret 2011 pukul 11:55 pm

    sya it b9unx 5u plih amd pa intel soalny kata tmen2 saya,lbh enak amd d bdg intel,ktny bwt game mak nyuz,kasih saran y6 tpt dunk,

    • 9 Agustus 2011 pukul 8:21 am

      iya karena kebutuhan anda buat game, amd kombinasi dari prosesor multicore,dukungan terhadap media High Definition,dan Video Grafis nya, jika tuntutan anda lain; semisal office, perbankan, hal ini akan lebih ideal pake intel, lebih mengena dengan kebutuhan.

  10. 5 Agustus 2011 pukul 9:45 am

    saya seorang mahasiswi,hmm…saya bingung buat milih AMD atau Intel pentium nii…buat laptop ace aspire 4253 n acer 4250z
    lbh bgus yg mna yha?kalau saya pgen bli yg langsung bgus

    • 9 Agustus 2011 pukul 8:52 am

      mbak Lydia, seperti uraian di atas masing2 processor itu mempunyai kelebihan sendiri2, kita bisa menyesuaikan dg kebutuhan aplikasi programnya dan pekerjaanya, amd kombinasi dari prosesor multicore,dukungan terhadap media High Definition dan Video Grafis nya lebih cocok utk design grafis, namun amd lebih cepat panas jika di gunakan kerja sehingga perawatan lebih mahal, kalau perlu anda belikan cooler pad utk membantu system pendinginanya, dan akan berbeda dg intel aman2 saja.

      aspire 4253 menggunakan amd, 4250z intel processor keduanya processornya adalah setara namun spek lain berbeda satu memori lebih tinggi, dan yg lain Hard Disknya lebih besar kapasitasnya, nah anda tinggal memilih dg kelebihan dan kekurangan masing2.

      sebagai catatan dudukanlah laptop/ notebook, pada tempat datar sehingga membantu kelancaran sirkulasi udara pendingin pd fan processornya, gunakanlah pd tmpt yg tdk mudah berdebu; supaya tdk terjadi endapan debu pd heatsing.

  11. 15 September 2011 pukul 10:45 am

    mas bro saya mau ngerakit komputer nih,, saya butuh buat main game dan editing juga seperti adobe premiere karena saya editor budget buat ngerakit sekitar 2,5jutaan lah (minim),, kira2 bagus pilih AMD atau INTEL yah??kalo AMD yg seri apa??kalo yg intel yg seri apa??

    mohon bimbingan nya yah ^^

    • 22 September 2011 pukul 6:27 am

      klo pilihan kembali pada anda sendiri, setelah membaca keterangan di atas, di mana masing2 mempunyai kekurangan dan kelebihan masing2, klo processor yg sekarang untuk AMD sudah tidak terlalu panas seperti produk2 yg sebelumnya (sempron), klo intel tetap stabil core2duo, core i3 ?

  12. Celoteh Bungsu Tolol
    3 Oktober 2011 pukul 5:43 pm

    saya mau buka warnet nih,, tapi agak menjurus ke game online,, kira2 pake AMD atau INTEL??

    tolong di bantu ya ^^

    • 7 November 2011 pukul 9:53 am

      untuk meminimal perawatan lebih enak pake intel, dan jangan lupa gunakan motherboard yg cukup bagus, Intel, asus, gigabyte, karena akan terlihat jauh berbeda speednya jika di bandingkan dg merk2 yg lain, semoga membantu ^_^

  13. 14 Oktober 2011 pukul 10:52 am

    hehehe.. saya numpang mampir nih…
    ni dari pengalaman saya, saya malah bnyak menemukan masalah di Intel nih. Saya sudah 3x menemukan laptop milik teman terdekat saya yg menggunakan Intel core i3, wow speed nya kalah jauh sama pentium 4 saya. malahan mgkin bisa di bilang kyk pentium 3. kencengnya waktu masih baru aja. nih saya sudah 8 tahun lebih pake INtel dan AMD. 3 PC saya pake Intel dan 2 PC lg pake AMD. wah…. Intelnya sering masuk rumah sakit (Servis) malahan yg 1 lg udh gak bisa di pake. padahal spesifikasinya sama. dan AMD yg bisa saya gunakan untuk Editing.

    • 7 November 2011 pukul 9:45 am

      kawan andri ha ha …..
      intel yg mana kok masuk RS segala ? seperti orang saja, tentu setiap kejadian itu ada faktor penyebabnya, oiya core i3 ??? klo di perhatikan sih beli laptop itu aman dg OS originalnya, tentu dg jaminan & kwality kontrol yg baik semua hardwarenya, klo beli yg OS Dos begini resikonya, dan mohon jangan terpacu dg harga murah, memang hardware elektronika tidak bisa di prediksi, berarti anda kurang berjodoh dengan intel, happy dg AMD yach ….. he he

  14. tommy
    17 November 2011 pukul 3:27 pm

    bagi ilmu gan…saya punya Asus K43U prosesor AMD,bisa ga d ganti ma Intel??? Tengkiyu…

    • 30 April 2012 pukul 3:52 pm

      ya ndak bisa boss ….

  15. DNKA
    29 November 2011 pukul 1:38 pm

    mungkin sedikit lebih bis amembantu teman² http://www.cpubenchmark.net/high_end_cpus.html

  16. DNKA
    29 November 2011 pukul 2:10 pm

    disini brand image dari suatu produk sangat berpengaruh. ada harga ada rupa kalo biasanya orang jawa ngomong. jadi “maaf” dalam membeli sebuah komputer jangan hanya terpengaruh oleh prosesor itu sendiri.

    Andri Cayankna Dedek :

    hehehe.. saya numpang mampir nih…
    ni dari pengalaman saya, saya malah bnyak menemukan masalah di Intel nih. Saya sudah 3x menemukan laptop milik teman terdekat saya yg menggunakan Intel core i3, wow speed nya kalah jauh sama pentium 4 saya. malahan mgkin bisa di bilang kyk pentium 3. kencengnya waktu masih baru aja. nih saya sudah 8 tahun lebih pake INtel dan AMD. 3 PC saya pake Intel dan 2 PC lg pake AMD. wah…. Intelnya sering masuk rumah sakit (Servis) malahan yg 1 lg udh gak bisa di pake. padahal spesifikasinya sama. dan AMD yg bisa saya gunakan untuk Editing.

  17. 16 Februari 2012 pukul 2:01 am

    kalau laptop gimana tu caranya capture analog cz sering doble cmera jd hrs analog…klw ada kan enak ringkes ..

  18. yudo666
    27 Februari 2012 pukul 11:53 pm

    Permisi mo numpang kereta brow, saya juga mo bagi pengalaman ttg kemampuan kompi saya sama agan2 smua :
    ne speknya :
    – cpu AMD Liano A-3650/ 2.600 GHz, 4 core, 4Mb L2 chace.
    – mobo BIOSTAR A55MH (he..he..he..kacangan..)
    – Kartu Grafis kagak pake (udah integrated ma cpu-nya, klo di specnya sih integrated ma
    HD Radeon 6530 )
    – memori 2×2 Giga twin Corsair.
    – storage 160 Giga sata 2 Seagate Baracuda
    – PSU 380 Watt Simbada (…he..he..kecil ya brow..sesuai budget juga..)
    – optical drive DVD Combo LG
    – ATX mega fan Power UP Uniq
    – OS Window 7 Ultimate 64 bit

    total budget kagak nyampe 3 jeti, say coba Game PES 2012, Splinter Cell, COD Blak Ops semua pake setingan High/ Full bisa jalan sempurna tanpa lagging. Habis maen game trus saya pegang2 tuh processornya ( eits..harus off dulu kompinya..) wow..”cool” men..kagak ada anget-anget nya babar blas.
    Gile..Gile…Gile bener..hanya itu komentar saya brow..
    Tq agan agan smua..

  19. ihsan
    22 Juli 2012 pukul 3:02 pm

    amd sempron dan intel core i5, lebih jago amd. titik!!!!

  20. 2 Oktober 2012 pukul 2:45 pm

    Hey! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Cheers!

  21. 22 Februari 2013 pukul 7:01 am

    The value for the fleshlight promotional is a person step past each shopping cart application page,
    unfortunately along with this system an individual are unable to make sure to apply multiple codes for a passing fancy
    screen. Our recommendation is to use the code aided by the highest deal
    first to get to if it is true of your order. Each
    coupon code group for Fleshlight is just over the assessment purchase button within the image below.
    Whenever you click review order you are going to be capable of seeing
    if the coupon has applied properly. You can not pile multiple.
    Some of the coupon legislation community for Fleshlight often is a action past each
    purchasing basket site, having said that employing this strategy you actually cannot
    just be sure to utilize several codes on a single screen.
    Our personal very own tip may end up being make an
    effort to utilize the laws aided by the finest inexpensive start to see if it implements to your prescribe.
    The code guidelines location in expertise regarding fleshlight with a discount is just
    through the evaluate order switch in the visual underneath.
    In case you push overview order it is easy to verify
    that the specific coupon presents found correctly.

  22. damai
    10 Maret 2013 pukul 3:36 pm

    mlem mas,ak blh nanya ya?? klo tuk laptop yg memiliki processor AMD vision 2 , itu sdh memiliki cooler pad belum??
    mnurt hargany tuk asus x401u processor amd td sbsar Rp.3,490,000 itu kemahalan gk??

    trs tuk procesor itu bs maximal gk klo tuk bwt program berbasis web,atopun green screen??trims

    • 16 Oktober 2013 pukul 3:22 pm

      - cooler fan include, cooler pad external merupakan assories
      – terakhir cek ada yg os dos 3jt
      – type ini udah di rancang utk design grafis

  23. 18 April 2013 pukul 10:48 am

    I’d like to thank you for the efforts you have put in penning this blog. I’m hoping
    to check out the same high-grade blog posts by you in the future as well.
    In truth, your creative writing abilities has encouraged me to get my own
    website now ;)

  24. 22 April 2013 pukul 2:26 am

    Helpful information. Fortunate me I found your website by accident, and I am
    stunned why this accident did not came about earlier!
    I bookmarked it.

  25. 1 Mei 2013 pukul 3:15 am

    I am in fact delighted to read this website posts which
    consists of lots of useful information, thanks for providing these kinds of data.

  26. 30 Juli 2013 pukul 3:52 am

    A person necessarily help to make severely articles I might state.

    This is the first time I frequented your website page and to this point?
    I surprised with the research you made to make this actual put
    up amazing. Excellent process!

  27. selly
    22 Agustus 2013 pukul 4:52 pm

    tergantung yang make, bisa atau tidak merawat & aplikasiinnya.. mau intel / amd percuma klo beli dgn harga 50jt skalipun klo yg punya ga bisa ngerawat & ga ngerti cara aplikasiinnya. tx

  1. 15 September 2012 pukul 6:45 am

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 685 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: