Beranda > IT > QoS dan Dual-WAN dengan Linksys DD-WRT-54G

QoS dan Dual-WAN dengan Linksys DD-WRT-54G


Presented by EF

Overview
 Klasifikasi QoS DD-WRT
 Mendefiniskan prioritas QoS
 Kuota Bandwidth dan QoS
 Cara Konfigurasi QoS
 Konsep Dual-WAN
 Cara Konfigurasi Dual-WAN

Klasifikasi QoS DD-WRT (1)
 Network services.

Kategori ini secara umum mendefiniskan rule QoS dengan mendefinikan trafik asal berdasarkan spesifikasi aplikasi networknya seperti aplikasi Skype dan Bittorent.
 Netmask/IP address.

Di kategori ini Anda dapat menurunkan atau menaikan prioritas trafik berdasarkan IP atau blok network.


Klasifikasi QoS DD-WRT (2)
 MAC address.

Selain berdarkan IP atau netmask Anda juga dapat mengatir prioritas trafik berdasarkan MAC address yang ada di PC client.
 Ethernet port.

Di kategori ini Anda dapat memprioritaskan trafik berdasarkan port dari switch yang ada di router. Di DD-WRT konfigurasi ini hanya jalan untuk switch port yang menggunakan chipset ADM6996 yang mana ini ada di seri Linksys WRT54G versi 1.0, 1.1, 2.0, dan WRT54GS versi 1.0.


Mendefinisikan Prioritas QoS (1)
 Exempt

Rule QoS di masukan ke dalam kategori bebas.
 Premium

Ini adalah klasifikasi di mana hanya trafik yang benar-benar membutuhkan prioritas paling penting seperti trafik VoIP yang akan di dahulukan.
 Express

Express priority akan meng-cut class di bawahnya dan menggantinya dengan spare yang ada. Service yang di anggap penting dari real-time traffic akan di masukan ke express-class sebelum di masukan ke premium.

Mendefinisikan Prioritas QoS (2)
 Standard

Secara default, service tanpa rule QoS akan di masukan ke dalam standard-class. Secara normal trafik ini akan di kecualikan ketika trafik di class yang lebih tinggi memerlukan bandwidth lebih.
 Bulk

Prioritas trafik yang paling bawah seperti P2P dan akan menggunakan bandwidth ketika klasifikasi lainnya dalam status IDLE.

Kuota Bandwidth dan QoS
 Sebelum mengkonfigurasi QoS Anda perlu menentukan besar bandwidth uplink dan downlink yang akan di alokasikan untuk QoS dalam Kilobits per second (Kbps).
 Alokasi uplink dan downlink di hitung dari 85% hingga 90% total bandwidth yang di miliki.
 Jika Anda memiliki kuota bandwidth untuk uplink: 512Kbps dan downlink: 1024Kbps maka alokasi untuk QoS adalah:

Uplink : 512 x 0.85 = 435,2 Kbps
Downlink : 1024 x 0.85 = 870,4 Kbps

Cara Konfigurasi QoS (1)
 Langkah 1

Buka browser di PC Anda dan konekan ke perangkat Linksys yang sudah Anda ganti dengan firmware DD-WRT. Default address dari DD-WRT adalah http://192.168.1.1 untuk default login-nya adalah root dan password adalah admin. Sesuaikan dengan konfigurasi yang sudah Anda lakukan sebelumnya.
 Langkah 2

Selanjutnya click menu NAT/QoS lalu pilih submenu QoS. Untuk mengkatifkan QoS, check Enable di sebelah “Start QoS”.

Cara Konfigurasi QoS (2)

Cara Konfigurasi QoS (3)
 Konfigurasi QoS yang akan kita apply adalah untuk akses Internet yang kita pakai maka selanjutnya adalah pilih WAN “Port.”
 Item “Packet Scheduler” di DD-WRT merupakan bagian yang membingungkan komunitas DD-WRT sehingga pilihan yang paling gampang adalah gunakan HTB. Alternative lain bisa menggunakan HFSC, tapi packet scheduler ini masih belum reliable di jaringan.

Dua opsi yang di sebutkan sebelumnya memiliki algoritma untuk mengimplementasikan QoS tapi masih banyak yang lebih sukses dengan HTB jadi rekomendasi tetap menggunakan HTB.

Cara Konfigurasi QoS (4)
 Masukan angka speed dari “Uplink” Anda setelah melalui kalkulasi 85% atau 90% dalam Kbps, sekali lagi pastikan yang Anda masukan adalah speed upload.
 Begitu juga di bagian “Downlink” masukan speed yang sudah Anda kalkulasikan sebelumnya.
 Opsi “Optimize for Gaming” pada dasarnya hanya di gunakan ketika kita menggunakan jaringan untuk kebutuhan online-game. Di rekomendasikan Anda tidak mengaktifkan opsi ini karena ada kemungkinan beberapa list game tertentu tidak terdaftar dalam list game yang umum.

Cara Konfigurasi QoS (5)

Cara Konfigurasi QoS (6)
 Untuk menambahkan aplikasi network ke dalam rule QoS, pertama adalah klik drop down list di samping tombol “Add”. Scroll list aplikasi network yang akan Anda masukan.
 DD-WRT juga menyertakan “L7 filters” yang memuat daftar-daftar aplikasi network lebih banyak. Cara kerja dari filter L7 adalah dengan membedakan aplikasi yang berjalan berdasarkan trafik data yang di kirim di jaringan tidak berdasarkan port yang di gunakan tapi dengan menganalisa paket yang match berdasarkan “fingerprint” yang sudah di listing.
 Filter L7 sangat cocok untuk mendefinisikan QoS karena mendefinisikan data-stream berdasarkan paket data yang di lewatkan di port-port yang di gunakan. Dalam gambar di perlihatkan aplikasi network bittorrent dan skypetoskype di tambahkan dalam rule QoS.

Cara Konfigurasi QoS (7)

Cara Konfigurasi QoS (8)
 Tiap aplikasi network yang di tambahkan dalam rule QoS bisa Anda atur class prioritas-nya berdasarkan kebutuhan di jaringan. Pilih prioritas yang Anda inginkan, selanjutnya klik tombol Save Settings.
 Dalam contoh, trafik P2P Bittorent di masukan dalam prioritas “bulk” dan trafik VoIP Skype (skypetoskype) ke prioritas “premium”.

Cara Konfigurasi QoS (9)
 Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana jika kita menginginkan aplikasi yang tidak ada di dalam list di tambahkan ke daftar QoS – caranya adalah klik tombol Add/Edit Service untuk menampilkan pop-up window, di sini Anda bisa custom service yang ingin Anda masukan.

Cara Konfigurasi QoS (10)

Cara Konfigurasi QoS (11)
 Di gambar di atas di tunjukan service Radmin, aplikasi remote desktop, di tambahkan ke daftar list aplikasi network yang ada di DD-WRT. Identifikasi trafik Radmin di set sebagai TCP paket dan menggunakan port 4899.
 Klik tombol “Add” agar definisi yang kita buat di tambahkan ke dalam list dan jangan lupa klik tombol “Apply” agar list yang baru di simpan.

Cara Konfigurasi QoS (12)

Cara Konfigurasi QoS (13)
 Bisa di lihat di halaman konfigurasi services, kita dapat lihat service baru yang di tambahkan dalam contoh, Radmin (di drop down list).
 Pilih “Radmin” dan klik tombol “Add”, dan konfigurasikan prioritas-nya dengan “Express” priority.

Cara Konfigurasi QoS (14)
 Selanjutnya Anda definisikan prioritas berdasarkan IP address atau network.
 Untuk menambahkan single IP address, klik tombol “Add”, kemudian ketikan single IP Address dengan 192.168.0.10, dan tentukan prioritasnya dengan “Exempt”. Karena definisinya adalah “exempt”, trafik dari IP tersebut akan tidak di anggap sebagai subyek dari rule QoS yang di utamakan ketika ada trafik dari aplikasi Radmin.
 Untuk menambahkan IP Address Anda bisa hitung range berdasarkan blok network Anda. Sebagai contoh jika range network kita 192.168.0.1-192.168.0.15 dengan blok network 192.168.0.0/28. Masukan angkanya di field IP/Mask dan klik tombol “Add”. Selanjutnya Anda bisa atur prioritas trafik sesuai dengan level yang di inginkan.

Cara Konfigurasi QoS (15)

Cara Konfigurasi QoS (16)
 Anda juga bisa mendefiniskan QoS dengan MAC Address. Ini berguna ketika Anda mengaplikasikan dinamik IP address.
 Masukan MAC address yang di inginkan dan klik tombol “Add”. Setelah Anda pilih priority dari MAC Address tersebut selanjutnya klik tombol

“Save” di halaman tersebut bagian bawah.

Cara Konfigurasi QoS (17)
 Level QoS juga bisa di atur priority-nya berdasarkan nomor port di switch Ethernet. Konfigurasi ini nya bisa di aplikasikan di Linksys model WRT54G versi 1.0, 1.1, 2.0, dan WRT54GS versi 1.0, atau perangkat yang lain yang menggunakan chipset ADM6996L

Konsep Dual-WAN (1)
 Konsep ini dalam jaringan komputer di kenal dengan istilah “Round-Robin” atau load equalization.
 Metode ini menggabungkan dua koneksi internet atau lebih dengan mendistribusikan kapasitas bandwidth yang sudah di gabung ke jaringan Local Area Network.

Konsep Dual-WAN (2)

Cara Konfigurasi Dual-WAN (1)
 Sebagai contoh misalnya kita memiliki dua IP dan gateway dari dua ISP berbeda, misal konfigurasi datanya adalah sebagai berikut:

ISP1 : 202.155.10.208
NETMASK1 : 255.255.255.252
GATEWAY1 : 202.155.10.209

ISP2 : 202.180.51.21
NETMASK2 : 255.255.255.252
GATEWAY2 : 202.180.51.22

IP ADDRESS LAN: 192.168.1.1
NETMASK LAN : 255.255.255.0
BLOK IP LAN: 192.168.1.0/24

Cara Konfigurasi Dual-WAN (2)
 Untuk mengkonfigurasikan DD-WRT supaya bisa menggunakan dua ISP, pertama-tama Anda setting terlebih dahulu konfigurasi router DD-WRT dengan mengaktifkan WAN “port” dengan konfigurasi network ISP1. Pilih opsi menggunakan Static IP.

Cara Konfigurasi Dual-WAN (3)

Cara Konfigurasi Dual-WAN (4)
 Selanjutnya konfigurasikan LAN “port” di DD-WRT dengan IP 192.168.1.1 netmask 255.255.255.0. Secara default, DD-WRT menggunakan IP address 192.168.1.1 di LAN “port”.
 Untuk menggunakan dinamik IP di jaringan LAN, check enable DHCP, selanjutnya tentukan start value dan end value untuk IP Address yang akan di distribusikan ke jaringan LAN

Cara Konfigurasi Dual-WAN (5)


Cara Konfigurasi Dual-WAN (6)
 Jika konfigurasi di atas sudah di lakukan dengan benar, pastikan bahwa LAN Anda sudah bisa mengakses internet dengan menggunakan IP Address dari ISP1 supaya kita bisa melanjutkan ke konfigurasi berikutnya.
 Untuk mengkonfigurasikan IP address dari ISP2, perlu di buat terlebih dahulu VLAN baru sebutlah namanya vlan1.
 Caranya dari web interface DD-WRT, klik menu VLANs dan konfigurasikan Port 4 sebagai VLAN baru.

Jangan lupa tekan tombol “Saved” dan “Apply” untuk menyimpan konfigurasi yang sudah di buat.

Cara Konfigurasi Dual-WAN (7)

Cara Konfigurasi Dual-WAN (8)
 Selanjutnya masuk ke console dengan menggunakan telnet ke IP address LAN dan jalankan command berikut ini:

nvram set vlan0ports=”1 2 3 5*”
nvram set vlan1ports=”4 5″
nvram set vlan1hwname=et1
nvram commit
reboot

Cara Konfigurasi Dual-WAN (9)
 Setelah proses reboot selesai, buat dua buah script untuk network ISP2 dan untuk menjalankan konfigurasi round-robin supaya kita bisa menggunakan konfigurasi dua ISP sekaligus. Script yang pertama berisi perintah untuk mengaktifkan konfigurasi network dan IP address dari ISP2, script yang kedua adalah untuk mengaktifkan routing agar dua konfigurasi ISP bisa melakukan load equalization.
 Jika Anda mengerti tentang modifikasi firmware DD-WRT, agar script yang Anda buat di jalankan pada saat startup, buat ketiga file di bawah ini di folder /etc/config/.

Untuk yang tidak memahami bisa simpan di temporary folder di /tmp.

Cara Konfigurasi Dual-WAN (10)
 File 1: wan2.firewall

#!/bin/sh
WAN2_IFNAME=vlan1
WAN2_IPADDR=202.180.51.21
WAN2_GATEWAY=202.180.51.22
WAN2_NETMASK=255.255.255.252
if [ “$(nvram get wan2_ipaddr)” != “$WAN2_IPADDR” ]; then
nvram set wan2_ifname=$WAN2_IFNAME
nvram set wan2_ipaddr=$WAN2_IPADDR
nvram set wan2_gateway=$WAN2_GATEWAY
nvram set wan2_netmask=$WAN2_NETMASK
nvram commit
fi
ifconfig $(nvram get wan2_ifname) up $(nvram get wan2_ipaddr) netmask $(nvram get wan2_netmask)

Cara Konfigurasi Dual-WAN (11)

Cara Konfigurasi Dual-WAN (12)
 File 2: routes.firewall

#!/bin/sh
ip rule flush
ip rule add lookup main prio 32766
ip rule add lookup default prio 32767
ip rule add from $(nvram get wan_ipaddr) table 100 prio 100
ip rule add fwmark 0x100 table 100 prio 101
ip rule add from $(nvram get wan2_ipaddr) table 200 prio 200
ip rule add fwmark 0x200 table 200 prio 201
ip route flush table 100
ip route flush table 200

…. (continue)…

Cara Konfigurasi Dual-WAN (13)

for TABLE in 100 200
do
ip route | grep link | while read ROUTE
do
ip route add table $TABLE to $ROUTE
done
done
ip route add table 100 default via $(nvram get wan_gateway)
ip route add table 200 default via $(nvram get wan2_gateway)

# END #

Cara Konfigurasi Dual-WAN (14)
 Selanjutnya tambahkan script firewall untuk meng-konfigurasi-kan iptables agar bisa menjalankan dua konfigurasi network dari dua ISP di atas.Cara Konfigurasi Dual-WAN (15)

Cara Konfigurasi Dual-WAN (16)

Cara Konfigurasi Dual-WAN (17) Script di atas dapat di gunakan untuk koneksi outgoing dan incomming, sehingga setiap trafik di kedua link tersebut dapat di gunakan baik untuk trafik web, FTP maupun trafik lainnya. Setelah semua file tersebut selesai Anda edit, selanjutnya jalankan script tersebut agar konfigurasi yang sudah di buat, di aktifkan.
 Hasil ujicoba dari komunitas DD-WRT yang sudah pernah meng-konfigurasi-kan 3 cable modem berkecepatan 6Mbps dengan menggunakan Linksys WRT54GS versi 2, bisa menghasilkan kecepatan download sebesar 2.0MB/s.

NB: Terima Kasih rekan-rekan Netkom, atas berbagi ilmunya, semoga ini bermanfaat bagi semuanya.

Kategori:IT Tag:, ,
  1. sigit
    15 Januari 2010 pukul 1:55 am

    mohon pencerahan :
    saya sedang setting linksys wrt 54gl sudah saya upgrade pake dd wrt versi v24 mini, setelah saya setting sesuai urutan dan petunjuk, untuk hotspot berfungsi hanya local saja sementara untuk akses internetnya kok tdk bisa (catatan : saya ISP menggunakan speedy), mohon penjelasanya terima kasih .

    • 23 Januari 2010 pukul 6:29 am

      accespoint ( hostpot ) berfungsi local saja, ini maksudnya bagaimana ? mungkin maksud anda lokal di dalam ruangan ( gedung ) yg jelas kalau di pakai ngambil hostpot berjarak 2 km pasti gak bisa, kecuali kalau kita pakai 2 accespoint kemudian mode di fungsikan sebagai point to point , dengan kententuan antena saling berhadapan dan tidak bole ada halangan ( antena outdoor ).

      akses internet; anda tes dulu, ap settingan modem ADSL – LinkSys nya sudah bener?
      Klo pk Static IP, DNS ny ud di masukin lumh..
      dari DDWRT bisa ngeping ke modem (jika modem ppoe) nggak, apa IP address public udah tampil di pojok kanan web interfacenya (jika modem bridge)?

      mngkn ini dl yg bisa sy sampaikan, & terima kasih anda sudah berkunjung di blog saya ^_^

  2. monika
    8 April 2010 pukul 4:13 am

    saya mau tanya apa bisa dd-wrt djalankan di pc biasa? untuk supaya bisa dbandingkan performanya NOS dengan dd-wrt? trimakasih.

    • 8 April 2010 pukul 8:42 am

      mhn di klarifikasi ulang anda slh ketik NOS dlm hal ini sy maksudkan QoS (Quality of Service)

      tentu saja bisa yg penting ada NIC adapter pada pc anda, semakin tinggi spesifikasi pc anda (processor, memori) semakin bagus pula performanya di dukung dengan firmware DD-WRT menyediakan fasilitas QoS (Quality of Service), dan juga butuh configurasi manajemen yang mana bisa implementasikan di dalam jaringan yang trafficnya padat.

      semoga ini bisa membantu

  3. monika
    13 April 2010 pukul 1:47 am

    spesifikasi PC yang bsia digunakan untuk dd-wrt itu kira2 spt apa..?? dan file dalan dd-wrt itu berekstension apa yah? saya ingin tau byk tentang dd-wrt. trimakasih.

    • 13 April 2010 pukul 4:43 am

      P4 ke atas udah bisa kok, semakin tinggi spesifikasi semakin bagus ….. !, dg membaca tulisan sblmnya, saya rasa anda sudah tahu, file tersebut ber-ekstension (.bin)
      firmware DD-WRT adalah meningkatkan kinerja Wireless Access Point Router, serta bisa memberikan penambahan fungsi-fungsi lain untuk berbagai manfaat.
      Teknologi peningkatan fungsi dari akses poin yang dikenal dengan nama populer DD-WRT dibuat oleh orang Jerman, yang bernama Sebastian Gottschall a.k.a BrainSlayer (http://www.dd-wrt.com), dan pada awalnya mereka menggunakan perangkat Linksys untuk mengubah isi program (firmware) guna memenuhi kebutuhan yang belum disediakan oleh firmware asli

      Beberapa aplikasi tambahan powerful yang dapat diberikan DD-WRT terhadap Linksys, antara lain:
      1. Bandwidth Monitor

      2. HotSpot Access Point

      3. WDS Wireless Bridging

      4. Radius Authentication

      5. QoS (Quality of Service)

      6. Support WDS (WiFi Repeater)

      7. Support VLAN

      8. Menambah fungsi router menjadi WAP. Yaitu, mode

      dapat diubah menjadi client atau client bridge.

      9. Router dapat menampung hingga 128 client.

      10. Txpower dapat dinaikkan hingga 250 mw.

      11. Mac cloning hingga 4 Mac address.

  4. monika
    13 April 2010 pukul 1:48 am

    o ya PC yang digunakan harus mendukung firmware dd-wrt yang menyediakan firmware dd-rt ya??

    • 13 April 2010 pukul 4:11 am

      klo PC standard bisa kok …. ! …. ??

  5. Hartono
    31 Juli 2010 pukul 6:57 am

    saya coba dengan DD-WRT di linksys WRT54GL koq ga jalan ya?😦
    saya masupin script di administrator > commands (startup dan firewall)
    koq ga jalan ya?

    • 12 Agustus 2010 pukul 3:51 am

      wah musti di coba dari awal langkah 2x nya ada yg salah tidak ?

  6. randafy
    29 Agustus 2010 pukul 5:11 pm

    Mas Faruq…
    Saya sudah menggunakan DD-WRT dengan Linksys WRT54GL.
    Semua berjalan baik sesuai uraian mas Faruq tersebut di atas.
    Tapi ketika DD-WRT tidak saya fungsikan sebagai AP, tapi difungsikan sebagai repeter bridge, maka fasilitas QOS dan MAC Filter pada DDWRT tersebut menjadi tidak berfungsi lagi.
    Apakah memang sdh begitu adanya, atau saya yg salah dalam Settingnya?
    Bila memang bgtu adanya, bagaimana jalan keluarnya ?

    Apakah setingan QOS dan MAC Filter hanya dapat digunakan pada Router-1 sebagai AP, sedangkan router-2 yg difungsikan sebagai repeter hanya mengikuti settingan dari Router-1 ?

    Mohon penjelasannya dan terima kasih.

    Salam,
    Randafy-Jakarta

  7. antonius
    29 September 2010 pukul 12:14 am

    nanya neeh mas tentang konsep round robin yang mas jelaskan apa bisa digunakan pada koneksi vpn? di kantor gw punya 2 sambungan, pertama speedy kedua vpn (dengan proxy server), bisa ga digabungin pake konsep round robin?

  8. 14 Oktober 2010 pukul 11:55 pm

    mas saya ingin bertanya, saya masih bingung dalam setingan QOS saya hanya menggunakan
    Cara Konfigurasi QoS (16)

     Anda juga bisa mendefiniskan QoS dengan MAC Address. Ini berguna ketika Anda mengaplikasikan dinamik IP address.
     Masukan MAC address yang di inginkan dan klik tombol “Add”. Setelah Anda pilih priority dari MAC Address tersebut selanjutnya klik tombol

    “Save” di halaman tersebut bagian bawah.

    nah saya seting uplodnya : 6 kbps sedangkan downnya 5kbps, yang saya setting hanya mac nya saja, lalu komp dan hape saya, saya setting exemp sementara teman saya standard tapi kenapa speed dalam browsingnya masih sama mas, kenapa ya..

  9. 15 Oktober 2010 pukul 12:11 am

    Anda juga bisa mendefiniskan QoS dengan MAC Address. Ini berguna ketika Anda mengaplikasikan dinamik IP address.
     Masukan MAC address yang di inginkan dan klik tombol “Add”. Setelah Anda pilih priority dari MAC Address tersebut selanjutnya klik tombol

    mas saya hanya menggunakan mac untuk mengatur qos nya, komp ama hape punya saya di setting exempt sementara yang teman di setting standard tapi kenapa speed browsing hape saya dengan yang teman kok sama saja ya mas, mohon bantunnya ya. donl saya kasih 6kbps dan upld saya kasih 7, speed total yang saya pake speedy socialia yang 384 kbps, mohon penerangannya ya mas

    • 15 Oktober 2010 pukul 11:42 pm

      saya sangat salut dg anda, begitu kreatif mencoba QoS menggunakan HP sbgi modem, yang saya ketahui HP GSM/ CDMA, jika digunakan sebagai modem maksimal speed yg dicapai 115 Kbps. saya menggunakan (sony ericcson & nokia), anda menggunakan HP apa ?
      baik anda bisa mencoba & mendownload beberapa QoS, untuk perbandingan & perubahan setting yg anda lakukan :

      http://www.newfreedownloads.com/find/qos.html

      smoga sukses …… ^_^

  10. timur
    12 Juli 2011 pukul 8:17 pm

    terima kasih atas infonya

  11. 21 Juli 2013 pukul 3:25 pm

    Naturally powerbrick gets very hot and there is a fan inside to flush all the heat produced, away from the powerbrick.
    Today’s SHi – FT Codes for each system are as follows. When Sony released Play – Station three, it came with this complete new issue.

  12. 23 Juli 2013 pukul 6:33 pm

    As you may know, we’ve begun the process of restoring the service through internal testing of the new system. 2) Another great way to get Xbox Live for nearly free is to check out Many people sell their codes online for very cheap, some even give them away via email. They’re
    all already placed so there’s no need to wait.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: