Beranda > IT > Tren.TI.2010

Tren.TI.2010


Krisis ekonomi yang melanda dunia masih masih dapat kita rasakan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini jelas menggambarkan bagaimana lembaga, pemerintahan, bahkan individu dapat saling terhubung secara ekonomis, teknis, dan sosial.

Solusi pintar. Ini dia, pemecahan yang dapat menanggulangi masalah-masalah di atas. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui instrumentasi jutaan benda yang sudah ada sekarang ini, seperti telepon, kamera, saluran listrik, jalan raya, dan sistem alam seperti hewan ternak dan sungai. Pada akhirnya, manusia memiliki daya komputasi dan analitik canggih untuk mengubah gunungan data menjadi inteligensia.

Dengan menyatunya infrastruktur fisik dan digital, daya komputasi pun dimasukkan ke benda-benda yang tidak menyerupai komputer. Alhasil, hampir semuanya – siapapun, benda apapun, proses apapun atau layanan apapun, untuk organisasi apapun, besar atau kecil – dapat bersifat digital dan terjaring.

Berikut ini beberapa tren dalam dunia TI di tahun 2010 a la IBM:

Analitik dan Optimalisasi Bisnis

Sebuah studi global IBM berjudul “The New Voice of the CIO” yang melibatkan lebih dari 2.500 CIO di 78 negara membuktikan bahwa departemen TI semakin sering dimintai pendapatnya dalam pengambilan keputusan bisnis inti. Studi ini juga menyebutkan bahwa Analitik Bisnis adalah keprihatinan utama para CIO di waktu yang akan datang.

Lebih dari 70 persen CIO yang disurvei mengatakan bahwa mereka berencana untuk berinvestasi dalam pengelolaan resiko dan alat-alat kepatuhan karena isu-isu keamanan dan kehandalan data yang muncul sebagai akibat dari komitmen terhadap business intelligence dan analitik. Di pasar analitik, CRM Analytics dan Predictive Analytics diperkirakan akan mencapai pertumbuhan tertinggi. IBM baru-baru ini juga meluncurkan jajaran layanan Business Analytics and Optimization (BAO).

Komputasi Awan

Dengan lebih dari satu milyar pengguna online di seluruh dunia. Fenomena jejaring sosial semakin meledak juga akan memengaruhi perusahaan. Didorong oleh tren Internet konsumer, komputasi awan adalah cara baru untuk mengkonsumsi dan menghantarkan layanan, dan didasari aspek terbaik dari kedua model sebelumnya. Teknologi yang melandasi komputasi awan adalah teknologi yang diciptakan IBM atau di bidang teknologi dimana IBM unggul – seperti virtualisasi, otomatisasi, standar terbuka dan komputasi berbasis Web.

Teknologi Ramah Lingkungan

Perusahaan mengalami tekanan dari tiga sumber untuk meningkatkan performa mereka di bidang “Hijau”, yakni air bersih, energi dan bahan baku. Ketiganya kian mahal dan kadang langka. Mengurangi biaya dan limbah dengan meningkatkan efisiensi tentunya dapat menghasilkan penghematan besar dari biaya langsung maupun pengeluaran yang terkait, di samping mengurangi dampak lingkungannya. Sementara itu, pemerintah juga menerapkan peraturan yang lebih ketat di bidang lingkungan hidup, dan perusahaan harus meresponnya secara proaktif atau akan dikenakan denda yang semakin berat, restriksi atas operasi bisnis mereka dan pemberitaan negatif yang dapat menyebabkan mereka kehilangan peluang dengan para stakeholder utama.

Komputasi Sosial

Saat ini organisasi-organisasi menyadari manfaat ekonomis dan bisnis dari Jejaring Sosial. Pekerja Gen Y saat ini dan masa depan ingin mengintegrasikan alat-alat jejaring sosial yang mereka dapatkan dari interaksi pribadi mereka dengan jaringan pekerjaan mereka. Perusahaan-perusahaan, besar maupun kecil, mulai berfokus untuk memanfaatkan piranti lunak sosial dan mengembangkan media sosial di ruang perusahaan mereka, serta mengintegrasikan semua ini dengan komunitas publik dan yang disponsori perusahaan. Jejaring sosial telah mewujudkan berbagai manfaat bisnis – mulai dari menarik minat dan mendapatkan talenta terbaik untuk merangsang kolaborasi internal dan untuk merangsang ide-ide baru dari berbagai komunitas virtual. Piranti lunak IBM Lotus membantu karyawan untuk bekerja lebih pintar dengan kolaborasi lebih baik antara rekan kerja dengan klien, mitra atau pemasok — kapan saja, baik ketika di kantor maupun ketika bepergian. Penawaran ini tersedia dalam format standar terbuka, SOA dan teknologi Web 2.0.

Kategori:IT Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: