Beranda > IT > Perihal Instalasi Wireless

Perihal Instalasi Wireless


Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Instalasi Jaringan Wireless Di Rumah Atau Di Kantor Anda

Sekarang ini dengan melimpahnya produk wireless router dipasaran akan sangat memudahkan kita jika ingin membangun suatu jaringan tanpa kabel atau jaringan wireless. Dengan adanya jaringan wireless, akan memungkinkan kita melakukan koneksi ke jaringan secara virtual dari mana saja sepanjang jangkauan sinyal jaringan wireless anda. Perlu diingat bahwa sinyal gelombang radio ini akan berkurang dengan adanya hambatan dari jumlah dinding yang dilalui, jumlah lantai bangunan, lokasi dinding dan object lain yang dilalui gelombang radio tersebut. jangkauan radio akan bervariasi tergantung jenis materi yang dilalui atau background noise radio frequency (RF) dirumah atau kantor anda. Berikut ini ada beberapa petunjuk yang perlu dipertimbangkan dalam instalasi jaringan wireless, kunci untuk memaksimalkan kinerja wireless anda.

1. Usahakan jumlah dinding atau lantai (langit-2 bangunan bertingkat) yang dilalui gelombang radio ini se minimum mungkin – karena setiap dinding atau lantai gedung akan mengurangi kekuatan sinyal dari adapter anda antara 1-30 meter. Jadi posisikan piranti wireless anda diantara atau di tengah-2 jangkauan piranti adapter wireless yang akan koneksi ke jaringan.

2. Perlu diperhatikan posisi piranti wireless usahakan segaris lurus langsung. Suatu dinding dengan ketebalan 50 Cm dan posisi sudut piranti 45 derajat akan tampak seperti dinding  setebal 1 meteran. Apalagi jika membentuk sudat sekitar dua (2) derajat dengan dinding maka ketebalan dinding seakan menjadi sekitar 14 meter. Posisikan piranti-2 wireless dalam segaris lurus melalui tembok atau lantai gedung daripada membentuk sudut agar mendapatkan penerimaan sinyal yang maksimal.

3. Materi dari bangunan akan memberikan perbedaan. Suatu pintu yang terbuat dari metal atau aluminium akan memberikan efek sangat negative kepada jangkauan wireless. Cobalah memposisikan antara Access Points (AP), wireless router, dan komputer sedemikian rupa agar sinyal wireless melalui halangan tembok yang kering atau kayu ataupun koridor yang tanpa halangan. Material dan objeck seperti kaca, baja, metal, tembok, air dalam aquarium, kaca pemantul, file cabinet, batu-bata, dan bangunan cor, akan mengurangi kekuatan sinyak wireless anda.

4. Jauhkan piranti wireless anda setidaknya antara 1-2 meter dari peralatan yang bisa memancarkan sinyak RF seperti microwave, telpon cordless, dan lain-2 piranti yang memakai ghelombang radio 2.4 GHz.

5. Jika anda menggunakan telpon cordless berfrequency 2.4 GHz atau peralatan wireless X-10 seperti fan langit-2, lampu, dan system keamanan rumah, maka koneksi wireless anda bisa ngedrop sekali dan bahkan susah sekali bisa stabil. Usahakan piranti berfrequency 2.4 GHz sejauh mungkin.

Menghubungkan modem ADSL atau Cable

Berikut adalah tahapan yang perlu dipertimbangkan dalam menghubungkan modem ADSL atau Cable dengan router.

1. Letakkan router anda di tempat terbuka dan usahakan berada di tengah-tengah lokasi. Jangan memasang kabel power ke router terlebih dahulu.

2. Matikan modem anda, jika tidak ada tombol On/Off nya maka lepaskan dari kabel Adaptor (Power). Shutdown komputer anda.

3. Lepaskan kabel Ethernet anda (yang menghubungkan komputer anda dan router) dari komputer anda dan pasang pada port internet dari router anda.

4. Kemudian pasang kan kabel Ethernet dari port LAN router ke port NIC computer anda.

5. Hidupkan modem anda. Tunggu beberapa saat mungkin sekitaran 30 detik agar booting sempurna.

6.Pasang  kabel power ke router dan hidupkan, tunggu beberapa saat sekitaran 30 detik agar router booting secara sempurna.

7. Hidupkan komputer anda dan lakukan konfigurasi router anda berdasarkan petunjuk buku manual nya.

Setelah anda selesai melakukan konfigurasi router, maka anda sudah siap dengan jaringan wireless, akan tetapi anda juga memerlukan suatu strategi mengamankan jaringan wireless anda, bila perlu gunakan enkripsi wireless yang paling kuat yaitu WPA-WPA2. Dan perhatikan fasiltas keamanan yang diusung oleh piranti wireless router anda, gunakan semaksimal mungkin agar bisa memberikan pertahanan maksimal terhadap segala ancaman keaamanan terhadap jaringan anda.

Kategori:IT Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: