Beranda > IT > Tips Merawat Printer

Tips Merawat Printer


Berikut ini saya akan berbagi tentang merawat printer,informasi ini saya dapatkan dari beberapa media dan juga pengalaman pribadi, mudah- mudahan sedikit informasi ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua.

Perinter termasuk barang yang sangat mudah rusak, kalau kita tidak sering merawatnya dan seperti pengalaman pribadi saya kurang memperhatikan perawatan printer, dan akibatnya kinerja printer saya tidak optimal.

Hal ini sering terjadi saat pekerjaan mendesak & membutuhkan cetak print-out, printer tinta (Inkjet, Deskjet dan sejenisnya) kualitas cetaknya menurun, dan bisa membuat frustasi?

Hasil print bergaris-garis, atau lebih parah lagi tintanya tidak bisa keluar ?
Kondisi-kondisi ini sering kali terjadi karena kurang perhatian terhadap beberapa hal yang peka dalam penggunaan printer inkjet. Kelalaian dalam merawat printer inkjet dapat menyebabkan kerusakan pada head printer secara temporary maupun secara permanen.

Berikut beberapa tips dan trick dalam merawat printer inkjet anda :

1. Selalu gunakan printer secara periodik (sesering mungkin minimal 2 kali seminggu), jangan biarkan printer anda menganggur terlalu lama, karena tinta yang terdapat pada nozzle head bisa mengering sehingga menyumbat pengeluaran tinta

2. Gunakan fasilitas Clean Head (Software yang disertakan bersama Printer) untuk melakukan pembersihan Nozle Head secara teratur (periodik).

3. Bersihkan beberapa bagian printer secara berkala dari debu dan kotoran, jangan biarkan ada benda-benda asing masuk atau terjatuh kedalam printer anda. Jangan menggunakan lap yang basah oleh air saat membersihkan printer

4. Jangan mencabut kabel printer saat mematikan printer, tetapi gunakan tombol on/off sehingga saat dimatikan, head printer akan kembali ke kedudukannya sehingga tinta tidak mudah mengering

5. Saat mencetak pastikan kertasnya tidak berlipat-lipat melainkan gunakan kertas yang masih halus, sebab jika tersangkut dapat merusak roller pada printer

6. Jangan menyentuh bagian elektrik dari cartridge seperti chip maupun head dengan menggunakan jari anda, karena listrik statis pada tubuh terkadang dapat merusak komponen, apabila terpaksa membersikan gunakan kertas tissue dengan kualitas baik, karena kertas tissue dengan kualitas jelek justru akan meninggalkan partikel kertas dan berpotensi menyumbat nozle head.

7. Jika menggunakan tinta refill pastikan menggunakan refill kualitas baik, jangan mengisi cartridge terlalu penuh karena dapat menyebabkan terjadinya kebocoran pada cartrdige dan dapat merembet pada motherboard printer.

8. Jangan membiarkan printer anda kosong tanpa cartridge dalam jangka waktu yang lama, sebab dapat menyebabkan print head menjadi kering.

9. Perhatikan wastepad (buangan tinta) printer anda, ganti wastepad atau gunakan pembuangan luar sehingga tinta tidak akan meleber di dalam printer.

10. Jangan pernah membuka cashing printer, karena komponen printer hanya bisa di service oleh orang yang benar-benar sudah memahami.

Semoga Bermanfaat

Kategori:IT Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: