Beranda > IT > Cara Menghemat Bandwidth Hosting

Cara Menghemat Bandwidth Hosting


Bisnis online, internet dan hosting tentunya istilah tidak asing lagi karena setiap hari, kita semua yang memiliki website/blog dengan traffic yang tinggi pasti mengecek berapa bandwidth yang telah digunakan.
Semakin banyak pengunjung suatu web/blog tentunya akan banyak sekali menghabiskan traffic bandwidth di hosting. Jangan heran bila banyak sekali pemilik web/blog sering berpindah-pindah hosting, selain support mereka mencari keleluasaan traffic bandwidth. Untuk hosting dengan server Indonesia IIX, sangat sedikit yang menyediakan kapasitas traffic yang cukup, apalagi dengan pengunjung yang tinggi tidak mungkin cukup hanya menggunakan bandwidth seadanya.

Untuk yang berkantong tebal tentunya tidak masalah untuk membeli hosting Indonesia yang lebih besar quota space dan traffic bandwidth-nya. Namun bagaimana dengan yang berkantong pas-pasan, tentunya bakal di buat pusing tujuh keliling.

Berdasarkan survei dari beberapa teman2 di internet, tujuan akhir mereka adalah hosting dengan menggunakan server US. Nah kan….kenapa Indonesia tidak bisa bikin hosting dengan traffic yang besar ?

Kalo saya sih tidak pusing dengan bandwidth dan lain-lainnya, karena selama ini sayang menggunakan hosting US dengan space dan traffic yang unlimited, so what gt loh saya ga perlu mikirin yang beginian.

Bagi yang menggunakan hosting indo/us dengan traffic yang terbatas, berikut tips dari saya yang terbukti jitu untuk menghemat traffic bandwidth anda :

1. Usahakan jangan terlalu banyak memasukkan gambar, 1 posting cukup 1 gambar saja

2. Bila anda hendak memasukkan gambar, segera di resize menjadi lebih kecil misal 200 KB, atau sesuai selera anda, asal jangan memasukkan gambar yang dari camera digital dengan kemampuan pixel 10 MP, wow……uploadnya bisa lama banget, nah loading yang berat ini jugalah yang akan menghabiskan bandwidth anda.

3. Sebisa mungkin hindari menggunakan gambar sendiri, kalo bisa, misal artikel tentang tips umum, anda ambil aja dari search engine, trus upload URL nya.( ups…. ini artinya kita nyuri bandwidth orang lain ……. ), namun dengan begitu bandwidth anda akan hemat, karena menggunakan bandwidth orang lain.

4. Langkah terakhir, segera masuk ke cpanel hosting anda, cari icon di cpanel anda, namanya “hotlink protection” nah itu di aktifkan, dan masukkan semua url website anda disitu, sehingga gambar-gambar milik anda tidak bisa digunakan oleh orang lain.

Ok gt aja, gampang kan… semoga dengan tips di atas dapat membantu rekan-rekan semua yang sedang bingung dengan bandwidthnya yang ngos ngosan

Kategori:IT Tag:
  1. A.J.I
    27 Februari 2010 pukul 6:32 pm

    thanks infonya gi dikit2 belajar ilmu webhosting nih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: