Beranda > Cellular > Tips Membeli & Jenis Blackberry Yang Beredar Di Pasaran

Tips Membeli & Jenis Blackberry Yang Beredar Di Pasaran


Sebagai ikon baru di ranah telekomunikasi seluler, wajar bila setiap orang ingin mempunyai BlackBerry. Penjualan BlackBerry pun semakin meningkat dan harga jualnya cenderung bertahan meski seri terbaru terus bermunculan. Dalam memburu ponsel merek teranyar ini, para pembeli menempuh banyak cara demi mendapatkan harga termurah. Dan besarnya permintaan terhadap BlackBerry juga memancing para penjual untuk mendatangkan sebanyak mungkin produk yang unggul dalam urusan koneksi internet bergerak ini lewat banyak cara.
Walhasil, saat ini dikenal tiga jenis BlackBerry yang beredar di pasaran. Yaitu BlackBerry Orisinil, BlackBerry illegal alias berasal dari pasar gelap (Black Market?”BM) dan BlackBerry Refurbish.
BlackBerry orisinil adalah produk asli yang diimpor dan dipasarkan di Indonesia secara legal. Produk ini diimpor oleh rekanan resmi BlackBerry dan didistribusikan oleh distributor resmi dan operator seluler yang mendapatkan hak penjualan dari Research In Motion (RIM) selaku manufaktur.
Kebalikan dari BlackBerry BM yang diselundupkan ke tanah air secara ilegal tanpa memenuhi ketentuan perpajakan Indonesia. Versi ketiga yang lebih merugikan pembeli adalah BlackBerry refurbish, yaitu barang bekas yang dipoles agar terlihat sebagai barang baru.
Membeli barang asli tentu jauh lebih baik dari versi BM apalagi refurbish. Selain mendapatkan garansi resmi dan jaminan penuh dari manufaktur, BlackBerry asli memiliki nomor kode IMEI dan PIN yang sudah terdaftar di Indonesia. Beberapa gerai juga melengkapi produk ini dengan asuransi jiwa untuk sistem pembelian kredit. Selain itu, produk asli yang dijual oleh operator seluler biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur istimewa yang tidak dibenamkan oleh gerai penjualan lainnya.
Bila Anda lebih senang membeli BlackBerry BM, Anda harus siap tidak mendapatkan jaminan produk dari manufaktur karena garansi yang diberikan hanya garansi toko. BlackBerry BM juga bisa bermasalah saat dioperasikan karena nomor IMEI nya tidak terdaftar di Indonesia. Produk ini biasanya diambil begitu saja dari peredaran pasar luar negeri, sehingga tak jarang ditemukan logo dan setelan milik operator asing.
Satu-satunya keuntungan membeli BlackBerry BM adalah terletak pada harganya yang lebih murah karena produk ini tidak dibebani oleh biaya pajak. Dan bila mendapatkan produk BlackBerry yang lebih murah lagi namun sudah dilengkapi dengan setelan operator lokal, boleh jadi produk tersebut adalah BlackBerry refurbish yang diklaim oleh penjualnya sebagai barang baru.
BlackBerry refurbish kerap kali merugikan pembeli karena fitur-fitur istimewanya tidak bisa digunakan setelah jangka waktu tertentu atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali karena nomor PIN sudah dihapus atau diganti. Dan kalaupun produk tersebut bisa digunakan dengan baik, boleh jadi PIN yang digunakan adalah PIN illegal yang dikloning atau dicuri dari PIN BlackBerry lain yang masih aktif.
Jadi, bila Anda ingin membeli BlackBerry, pilihlah produk asli yang dijual di gerai-gerai resmi. Hindari produk BM, dan berhati-hati terhadap tipuan produk refurbish atau barang second yang dipoles ulang agar terlihat baru.

Kategori:Cellular Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. 14 Juni 2010 pukul 6:00 am

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: