Beranda > Cellular > Setting XL BlackBerry One

Setting XL BlackBerry One


Selama ini, BlackBerry cuman saya pake untuk nelpon dan sms. Sayang sekali, bukan?

Alasannya, jelas karena soal tarif. Namun beruntung karena adanya layanan BlackBerry One dari XL yang mengenakan tarif harian flat, membuat saya tergoda untuk mengaktifkan layanan yang mulai booming di Indonesia ini.

Berbeda dengan tarif layanan BlackBerry yang reguler, yaitu harus berlangganan dan ngurusi ini-itu, layanan BlackBerry One memberikan kemudahan yang selama ini saya cari.

Dengan tarif flat harian 5 ribu rupiah, kita bisa dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan layanan ini dengan mengirimkan sms dengan format BB (spasi) ON dan BB (spasi) OFF yang dikirimkan ke nomor 568.

Saya pun mencobanya. Namun ternyata BlackBerry saya tidak serta merta berfungsi. Rupanya ada setting yang harus diterapkan di handset BlackBerry kita.

Saya pun mencoba googling, namun kesulitan untuk mendapatkan informasi yang saya inginkan. Namun akhirnya saya menemukan sedikit pencerahan dengan metode coba-coba. Hasilnya, BlackBerry pun aktif dan bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Horray!!

Saya menggunakan handset BlackBerry Bold 9700 dengan kartu Paksa-Bayar Xplor reguler. BlackBerry One juga bisa diterapkan ke kartu XL Prabayar. Untuk syarat dan ketentuan, silakan baca informasinya di website XL.

Pertama, aktifkan layanan BlackBerry One dengan mengetikkan sms BB ON dan kirim ke 568. Kita akan mendapatkan balasan seperti berikut:

Terima kasih atas kepercayaan Anda menggunakan layanan XL BlackBerry. Untuk mengaktifkan layanan BlackBerry One, ketik YA kirim ke 568.

Kemudian ikuti perintah tersebut dengan mengetik perintah YA dan mengirimkan ke 568. Kemudian akan ada balasan seperti berikut:

Anda telah mengaktifkan layanan BlackBerry One dari XL. Layanan BlackBerry One akan aktif dalam waktu 1×24 jam.

Dan setelah menunggu, tak lama kemudian ada notifikasi bahwa layanan BlackBerry One sudah aktif.

Layanan BlackBerry One Anda sudah aktif, selamat menikmati layanan BlackBerry One dari XL. Informasi lebih lanjut www.nyambungterus.com.

Untuk bisa digunakan, handset BlackBerry atau handset yang kompatibel dengan BlackBerry (BlackBerry Connect) kita harus terdaftar ke dalam jaringan BlackBerry milik Research In Motion, vendor BlackBerry, untuk bisa dikenali.

Untuk mendaftarkan handset kita, digunakan identitas PIN dan IMEI yang ada di tiap-tiap handset. Nomor-nomor ini unik dan bisa digunakan sebagai identitas dari BlackBerry kita.

Nah, bila registrasi melalui operator tadi sukses, maka kita akan menerima pesan melalui handset email dari BlackBerry yang berisi sebagai berikut:

Your handheld has been registered with the wireless network.

Selain itu, tulisan gprs (lowercase) akan berubah menjadi GPRS (uppercase) pada indikator sinyal.

Setelah itu baru kita daftarkan handset kita ke operator untuk bisa menggunakan layanan BlackBerry dari operator. Tiap-tiap operator beda, namun karena saya menggunakan XL, maka saya mendaftarkannya melalui website http://xl.blackberry.com/.

Karena saya baru, maka saya harus membuat akun terlebih dahulu. Cara membuatnya ya seperti kita membuat akun email atau layanan lainnya, namun bedanya, kita cuma diminta mengisi nomor PIN dan IMEI handset.

Untuk melihatnya, di handset BlackBerry, buka Options » Status. Masukkan kode PIN dan IMEI handset kita.

Setelah itu, kita bisa mendaftarkan email-email mana saja yang hendak kita “push” ke handset kita. Kita pun bisa membuat email baru, yang alamatnya menjadi: namakita@xl.blackberry.com. Untuk nama ini kita bisa bebas memilih, selama nama itu belum ada yang menggunakan.

Kita bisa mendaftarkan sekitar 10 email ke dalam 1 akun. Namun menurut saya, 2-3 akun email saja sudah cukup merepotkan.

Kita pun bisa melakukan pengaturan tiap-tiap akun email. Mulai dari filtering (mana yg akan di-push dan mana yang tidak di-push) hingga mengubah pesan footer standar “Sent from my Blackberry bla bla bla”.

Nah, setelah itu, kirimkan Service Book (semacam setting dari operator agar BlackBerry bisa berfungsi) ke handset kita. Klik saja menu Service Book yang ada di web tersebut dan klik Send.

Tunggu beberapa saat dan kita akan menerima pesan dari server aktivasi BlackBerry yang berbunyi:

Congratulations, you have successfully setup alamat@email.kamu with your BlackBerry device. You should begin receiving new messages in approximately 20 minutes.

Nah, alamat@email.kamu berisi alamat-alamat email yang telah didaftarkan tadi. Selamat, BlackBerry kamu udah aktif! Makan-makan!!

Untuk memastikan sekali lagi bahwa BlackBerry sudah aktif, pastikan tulisan GPRS ada di bawah tanda sinyal, kemudian menu Options » Advanced Options » Service Book telah terisi konfigurasi setting.

Icon-icon baru juga otomatis muncul, antara lain icon Browser dan Instant Messaging. Nah, silakan coba dengan mengirimkan email ke alamat yang telah kamu daftarkan tadi. Jika berhasil, maka email akan dikirim ke handset setelah email diterima oleh server email kita.

Setiap hari kita akan mendapatkan sms nofifikasi dari XL yang menginformasikan bahwa pulsa kita telah dipotong 5 ribu rupiah.

Pulsa Anda telah dikurangi Rp. 5.000,- utuk meneruskan layanan XL BlackBerry One.

Jika berhenti, kirim sms dengan format BB OFF ke 568, maka akan kita akan mendapatkan notifikasi bahwa layanan BlackBerry One kita non aktif sebagai berikut:

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan kami, saat ini Layanan BlackBerry One Anda sudah tidak aktif, Kritik dan Saran Anda mengenai layanan kami dapat disampaikan melalui www.nyambungterus.com

Untuk berikutnya, saya akan coba berbagi pengalaman selama menggunakan BlackBerry.

Jika setting belum jalan juga, ada tips dari beberapa komentator untuk mematikan sejenak handset, mencopot batere, dan kemudian menghidupkannya kembali. Semoga berhasil!

Kategori:Cellular Tag:, ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: