Beranda > IT > Cara Aktifkan Wireless (Wi-Fi) di dalam Windows Server 2008 (R2)

Cara Aktifkan Wireless (Wi-Fi) di dalam Windows Server 2008 (R2)


Banner-R2_2

Maaf kawan” saya dah lama tidak aktif di blog ini, baru” nich punya masalah dengan Aktifkan Wifi pada Windows Server 2008 R2, melalui tulisan ini saya ingin berbagi Cara Aktifkan Wireless (Wi-Fi) di dalam Windows Server 2008 (R2), setelah melakukan instalasi, dan saya coba tetapi Adapter WiFi nirkabel tidak bekerja dan berfungsi sebagaimana mestinya. Sistem tidak dapat mendeteksi atau melihat jaringan nirkabel tanpa jaringan pesan kesalahan nirkabel yang tersedia, dan sistem tidak dapat terhubung ke Internet atau LAN nirkabel.

Padahal, saya telah menginstal driver terbaru tepat untuk adapter nirkabel, baik melalui Windows Update, CD driver dari vendor atau men-download terbaru serta driver dari situs OEM atau pun produsen. Pada Device Manager, adapter jaringan nirkabel atau WiFi sudah ter instal dengan benar tanpa ada tanda error. Dan, bila di cek menggunakan Windows Server built-in diagnostik fitur untuk permasalahan-nya tidak ada masalah koneksi nirkabel-nya, ini menunjukkan bahwa driver adapter nirkabel baik, memiliki driver dan tidak bermasalah pada hardware.

Penyebab adanya koneksi nirkabel adalah bahwa Windows Server 2008 R2 menonaktifkan layanan Wireless LAN secara default, yang mendukung layanan Konfigurasi WLAN nirkabel Auto, dan mengkonfigurasi AutoConfig WLAN untuk startup otomatis.

Dalam rangka untuk mengaktifkan Wireless LAN dan WLAN AutoConfig layanan pada Windows Server 2008 R2, yaitu dengan melihat ke Server Manager, di dalam (Administrator Tools). Kemudian langkah berikutnya ke Fitur cabang dan klik Add Features. Klik dan centang kotak centang untuk Layanan Wireless LAN, dan selesaikan instalasi untuk wireless support.

Screenshot :

Wifi Adapter

Di dalam Server Manager lakukan select Features dan akan tambil seperti berikut ini :

Cara Aktifkan Wifi pd server2

Drag ke bawah kemudian centang pada box Wifi LAN Service (di blok merah) :

Cara Aktifkan Wifi pd server3

Next, tunggu sampai proses installing selesai :

Cara Aktifkan Wifi pd server4

Nah kini Wifi Adapter telah Aktif (Enable), bisa di gunakan sebagaimana mestinya

Cara Aktifkan Wifi pd server5

Trus, Konfigurasi ke Wireless Access Point, nah sekarang udah connect & bisa akses internet :

Wifi Adapter1

Wireless LAN Service mengkonfigurasi layanan WLAN AutoConfig berfungsi secara otomatis, terlepas dari apakah komputer mempunyai IEEE 802.11 wireless adapter terpasang. Bila diaktifkan, WLAN AutoConfig mengaktifkan setiap adapter jaringan nirkabel yang terinstal pada komputer ; mengelola koneksi nirkabel IEEE 802.11, dan mengelola profil koneksi nirkabel yang berisi pengaturan yang diperlukan untuk mengkonfigurasi client nirkabel untuk terhubung ke jaringan nirkabel. WLAN AutoConfig memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan nirkabel yang ada (kunci enkripsi data atau jaringan kunci mungkin diperlukan), mengubah pengaturan koneksi jaringan nirkabel, mengkonfigurasi koneksi ke jaringan nirkabel baru, dan menentukan jaringan nirkabel yang diutamakan. WLAN AutoCofig juga memberitahu pengguna ketika jaringan nirkabel baru yang tersedia. Ketika beralih jaringan nirkabel, WLAN AutoConfig dinamis update pengaturan jaringan nirkabel Anda, adapter untuk menyesuaikan pengaturan bahwa jaringan baru dan upaya koneksi jaringan akan dibuat. Nah demikian, semoga cara ini bisa bermanfaat, selamat mencoba …… ^_^

Kategori:IT
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: